History

History
"History Make Me Happy"

Wednesday 23 July 2014

Revolusi Amerika dan Revolusi Perancis



Pengaruh revolusi Amerika (1774) terhadap revolusi Perancis (1789)
Pengaruh revolusi Amerika begitu besar di daratan Eropa. Revolusi kemerdekaan Amerika Serikat yang melahirkan semangat liberalisme, dengan menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, membawa pengaruh besar bagi negara-negara dunia. Revolusi Perancis misalnya, rakyat menuntut adanya pengakuan hak-haknya dan menuntut kebebasan dari pemerintahan absolut. Revolusi Perancis 14 Juli 1989 diilhami dari revolusi yang terjadi di daratan Amerika. Penjara Bastille diserang, raja yang absolut digulingkan dan pemerintahan didasarkan atas sistem perwakilan rakyat.
Paham kebebasan di Perancis mendapat pengaruh dari paham kebebasan Amerika yang dibawa Jenderal Laffayette dan pasukannya. Ketika membantu kaum koloni Amerika yang berperang melawan Inggris, mereka menyaksikan satu kehidupan yang berbeda dengan negaranya. Salah satunya perkembangan liberalisme (paham kebebasan). Setelah kembali ke Perancis, mereka mengembangkan dan akhirnya terjadi revolusi Perancis.
Revolusi Amerika atau yang sering disebut juga dengan perang kemerdekaan Amerika merupakan suatu revolusi yang sangat penting artinya bagi munculnya Revolusi Perancis. Pentingnya revolusi ini karena merupakan peperangan untuk mempertahankan kebebasan, kemerdekaan, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Selain itu juga merupakan bentuk penentangan terhadap penindasan terhadap sesama manusia.
Salah satu pernyataan kemerdekaan Amerika yang mempengaruhi timbulnya Revolusi Perancis itu diantaranya berbunyi: “dan dengan sendirinya terang bahwa semua orang diciptakan sama, bahwa mereka oleh Tuhan dikaruniai beberapa hak yang tidak dapat ditawar gugat. Di antaranya hak untuk hidup, kemerdekaan dan kehendak mencapai kebahagiaan. Bahwa untuk melindungi hak hak itu, pemerintah harus dilakukan oleh orang-orang yang menerima kekuasaan atas persetujuan mereka yang diperintah. Bahwa manakala sesuatu pemerintah membahayakan bagi pemeliharaan maksud itu adalah hak rakyat untuk mengganti atau menghapuskan pemerintah itu dan membentuk pemerintah baru”.
Isi pernyataan di atas merangsang rakyat Perancis untuk membebaskan diri dari kekuasaan raja yang absolute. Pengaruh pernyataan di atas juga menjadikan rakyat Perancis tidak ingin lagi negara dikuasai oleh raja, karena raja dianggap sebagai tiran yang menindas rakyat. Atas dasar inilah timbul Revolusi Perancis pada tahun 1789.

No comments:

Post a Comment