Pada pendekatan pembelajaran terpadu, program
pembelajaran disusun dari berbagai cabang ilmu dalam rumpun ilmu sosial.
Pengembangan pembelajaran terpadu, dalam hal ini, dapat mengambil suatu topik
dari suatu cabang ilmu tertentu, kemudian dilengkapi, dibahas, diperluas, dan
diperdalam dengan cabang-cabang ilmu yang lain.Topik/tema dapat dikembangkan
dari isu, peristiwa, dan permasalahan yang berkembang.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi
dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti: sosiologi, sejarah, geografi,
ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Geografi dan sejarah merupakan disiplin ilmu
yang memiliki keterpaduan yang tinggi. Pembelajaran geografi memberikan
kebulatan wawasan yang berkenaan dengan wilayah-wilayah, sedangkan sejarah
memberikan wawasan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa dari berbagai periode.
Selanjutnya ekonomi tergolong ke dalam ilmu-ilmu tentang kebijakan pada
aktivitas-aktivitas yang berkenaan dengan pembuatan keputusan. Sosiologi
merupakan ilmu-ilmu tentang perilaku seperti konsep peran, kelompok, institusi,
proses interaksi dan kontrol sosial. Secara intensif konsep-konsep seperti ini
digunakan ilmu-ilmu sosial dan studi-studi sosial.
Dalam pembelajaran IPS keterpaduan dapat
dilakukan berdasarkan topik yang terkait, misalnya “Kegiatan ekonomi penduduk”.
Kegiatan ekonomi penduduk dalam contoh yang dikembangkan ditinjau dari berbagai
disiplin ilmu yang tercakup dalam IPS. Kegiatan ekonomi penduduk dalam hal ini
ditinjau dari persebaran dan kondisi fisik yang tercakup dalam disiplin
Geografi. Secara sosiologis, kegiatan ekonomi penduduk dapat mempengaruhi interaksi sosial di
masyarakat atau sebaliknya. Secara historis dari waktu ke waktu kegiatan
ekonomi penduduk selalu mengalami perubahan. Selanjutnya penguasaan konsep
tentang jenis-jenis kegiatan ekonomi sampai pada taraf mampu menumbuhkan
krteatifitas dan kemandirian dalam melakukan tindakan ekonomi dapat
dikembangkan melalui kompetensi yang berkaitan dengan ekonomi.
Gambar Model Integrasi IPS Berdasarkan Topik/Tema
Tema utama: Kegiatan Ekonomi
Penduduk
SEJARA
No comments:
Post a Comment