History

History
"History Make Me Happy"

Thursday 10 January 2013

Revolusi Industri


REVOLUSI INDUSTRI 
          Perkembangan Eropa dalam hal ekonomi tidak terlepas dari satu fragmen sejarah yang dikenal dengan revolusi industri.. Revolusi industri ini pertama kali muncul di Inggris, yang akhirnya menyebar ke seluruh Eropa. Revolusi di Inggris pada hakikatnya adalah perubahan dalam cara pembuatan barang-barang yang semula di kerjakan dengan tangan (tenaga manusia) berkembang menjadi pekerjaan mesin. Dengan demikian, barang-barang dapat dihasilkan dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat.
            Perkembangan industri di Eropa tidak terlepas dari perubahan peta perdagangan dari Laut Tengah ke pesisir Samudera Atlantik. Selain itu timbulnya kerajaan Turki Islam, ditemukannya jalan ke India dan Tiongkok melalui Tanjung Harapan, dan ditemukannya jalan ke Amerika, juga ikut mempengaruhi perkembangan industrialisasi di Eropa. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perkembangan industri ini. Salah satunya adalah munculnya kaum buruh. Latar belakang munculnya kaum buruh adalah banyaknya para penduduk desa, terutama petani, yang pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. Dengan adanya hal ini, maka telah dipenuhi salah satu syarat untuk memperluas industri. Tetapi di sisi lain, melimpahnya kaum buruh menyebabkan “harga” atau upah buruh menjadi murah. Syarat kedua yang menyebabkan perkembangan industri adalah aliran emas yang datang dari daerah jajahan. Adanya aliran emas yang besar digunakan untuk menutup keperluan perusahaan pertanian, di mana masih ada sisa keuntungan yang besar. Perkembangan industri juga didukung oleh perluasan lalu lintas dan pengangkutan, yang didanai oleh keuntungan-keuntungan yang didapat dari daerah-daerah jajahan.
            Revolusi industri di Inggris didukung oleh penemuan-penemuan mesin-mesin pendukung kegiatan industri. Pada awalnya alat-alat pendukung kegiatan industri ini kurang diperhatikan. Hal ini disebabkan, pertama, tidak ada modal untuk menjalankan penemuan tersebut, dan kedua, belum ada kebutuhan mempergunakan penemuan-penemuan baru. Berbagai penemuan yang menjadi dasar dari revolusi industri dapat dicari dalam lapangan tekstil, pertambangan dan peleburan besi. Salah satu penemuan yang terpenting adalah mesin uap. Pada tahun 1733 John Kay menemukan kumparan terbang, yang akhirnya berkembang menjadi alat tenun yang dapat bekerja lebih cepat dan dapat mengatur lebar kain. Pada tahun 1764, Hargreaves berhasil membuat alat pemintal yang mampu memintal sekaligus berpuluh-puluh gulung benang dan dapat mengeluarkan benang yang lebih halus. Dengan demikian, harga kain menjadi lebih murah dan mutunya lebih baik. Kedua alat ini masih digerakkan dengan tenaga manusia.
            Ketika alat pintal telah mengalami perkembangan, alat tenun masih tertinggal di belakangnya. Hal ini dijawab oleh Cartwright yang menemukan mesin tenun pada tahun 1785. Penemuan yang sangat berpengaruh ialah penemuan mesin uap oleh James Watt pada tahun 1782. Sebelum James Watt sudah ada orang lain yang merintis mesin uap, tetapi tidak dipatenkan. Dengan ditemukannya mesin uap, industri mulai digerakkan dengan tenaga mesin menggantikan tenaga manusia. Penggunaan mesin uap memungkinkan pula berkembangnya transportasi. Kapal api pertama yang benar-benar dapat dipergunakan adalah sebuah kapal kincir yang bernama Clermont, yang dipergunakan Robert Fulton di sungai Hudson untuk mengadakan demonstrasi.
            Angkutan darat pun mengalami perkembangan. Pada tahun 1829, George Stephenson dapat membuat lokomotif pertama. Setahun kemudian Stephenson mengendarai kereta besi pertama antara Liverpool dan Manchester dengan kecepatan 19-46 km/jam. Dengan adanya penemuan ini, beberapa kota di Inggris telah dapat dihubungkan dengan kereta api.
            Dengan adanya penemuan-penemuan ini, aspek kehidupan sehari-hari berubah secara mendalam, karena segala sesuatunya dapat dikerjakan dengan cepat. Di samping itu hubungan internasional berlangsung secara intensif sehingga meningkatkan volume perdagangan antarnegara. Adanya berbagai penemuan ini juga menyebabkan terjadinya produksi  beragam benda-benda keperluan sehari-hari maupun barang-barang mewah secara besar-besaran, yang dahulu hanya dimiliki oleh sebagian kecil golongan di dalam masyarakat. Dalam lapangan sosial terjadi pula pergeseran besar. Penganut politik ekonomi liberal menolak segala campur tangan negara dalam perusahaan, sebab dianggap sebagai paksaan “gilda”. Akibatnya para pengusaha atau pemilik pabrik membiarkan orang laki-laki, perempuan, dan anak-anak bekerja membanting tulang dalam perusahaan yang penuh dengan bahaya dan upah yang sedikit, sehingga tidak dapat hidup layak.
            Revolusi industri juga memiliki dampak keluar. Sesuai dengan prinsip ekonomi liberal, para pemilik pabrik berlomba-lomba memperoleh untung. Keinginan mengumpulkan untung sebesar-besarnya untuk dijadikan modal melahirkan “kapitalisme modern”. Dalam kapitalisme modern, pemilik modal sekaligus sebagai produsen, pedagang, dan distributor. Sebagai produsen, dia memerlukan bahan mentah, sedangan sebagai pedagang, dia memerlukan pasar untuk menjual barang dagangannya. Atas dasar hal inilah, maka timbul imperialisme dan kolonialisme, yang mencari daerah jajahan seluas mungkin yang digunakan untuk mengambil bahan mentah dan sekaligus sebagai pasar.
            Akibat lain dari revolusi industri adalah munculnya kota-kota pusat industri. Pusat-pusat industri ini menarik minat pendatang dari luar kota sehingga timbul urbanisasi. Umumnya, mereka adalah petani yang kehilangan mata pencahariannya sebagai petani. Di kota-kota industri ini, mereka menjual tenaga dengan upah yang rendah. Akibat dari hal ini pemukiman dan kesehatan mereka kurang terjamin sehingga menimbulkan masalah sosial berupa gerakan-gerakan buruh.

1 comment:

  1. Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada layanan pendanaan lemeridian dan membuat orang tahu betapa bersyukurnya saya atas semua bantuan yang telah Anda dan staf tim Anda berikan dan saya berharap dapat merekomendasikan teman dan keluarga jika mereka membutuhkan saran atau bantuan keuangan @ 1,9% Tarif untuk Pinjaman Bisnis. Hubungi Via:. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. Terus bekerja dengan baik.
    Terima kasih, Busarakham.

    ReplyDelete